Beberapa hari yang lalu gue nonton podcast dedy corbuzier yang soal RCTI. Dulu agak skeptis sama channelnya dedy soalnya terlalu membahas masalah pribadi orang, yang menurut gue kayaknya kurang wise aja dan gue juga mempertanyakan esensinya sebenernya apaan.

Tapi kalau yang podcast RCTI gue lumayan dapet perspektif yang baru, dan menurut gue seluruh pertanyaan deddy ke pihak rctinya bagus-bagus banget sih, dan mewakili semua pertanyaan gue juga. Gue mencoba menempatkan posisi gue di RCTI, soalnya gak adil aja jika cuma dilihat dari sisi oposisinya. 

Point 1

Kayaknya rcti cuma minta keadilan. Salah satu pemicunya mungkin karena tuntutan2 kpi ke rcti yang terlalu banyak dan mungkin sebagian orang anggap lebay, tapi hal tsb kok gak diterapin sama OTT (Youtube, netflix etc) juga. Padahal sebenernya inti ott dan televisi sama aja, yaitu menyiarkan sesuatu, cuma paling mediumnya dan caranya yang berbeda. 

Point 2

Keadilan yg dituntut rcti bukan berarti pemerintah harus membuat kebijakan yang sama ke OTT, tapi bisa juga pemerintah mencabut kebijakan yang sudah dr dlu diterapkan ke stasiun televisi. Pokoknya rcti pengen adil aja dah. 

Point 3

Gue gak tau motif rcti buat tuntutan ini entah utk monopoli, atau apalah. Soalnya gue gak tau isi hati rcti. Dan gue juga ngerasa isu ini gak ada kaitannya sama konten yang berkualitas atau enggak.

Point 4

Nah yang jadi permasalahannya adalah isu live streaming bisa ngebuat kita masuk penjara kan ya. Sbnrnya ini belom pasti sih, tapi mungkin bisa terjadi. Tapi menurut gue kayaknya pembuat kebijakan gak akan sebodoh itu, membiarkan live streaming bisa buat orang dipenjara, dan tuntutan yang diberikan rcti juga ke OTTnya bukan ke pembuat kontennya. Isu ini bisa booming menurut gue bukti minimnya kepercayaan masyarakat ke pembuat kebijakan sih. 

Point 5

OTT tu bener2 hal yang baru banget, dan wajar banyak polemik kayak gini. Dan tbh juga belom ada yg bener2 bisa ngontrolnya, kecuali negara dijadiin kayak cina, dimana media dikontrol sepenuhnya sama pemerintah. Menurut gue live streaming itu termasuk yang paling susah dikontrolnya. Contohnya kita ambil aja Youtube, gimana Youtube bisa ngontrol orang yang live streaming, sedangkan usersnya berjuta-juta dan youtube gak akan tau apa yang usersnya akan lakuin di live streaming itu. Ini lah yang menjadi tantangan sendiri untuk pembuat kebijakan pemerintah, dan pembuat kebijakan OTT masing-masing.

Point 6

RCTI bilang tuntutan ini sebenernya untuk melindungi content creator, dan content creator akan tetap bisa bebas berkreasi. Menurut gue disini rcti terlalu naif. Kenapa? Kalau pemerintah sudah membuat kebijakan utk ott, otomatis ott pasti akan berusaha mengontrol content creator, dan udah jelas nilai “kebebasan berkreasi” pasti akan terkekang. Sekarang pertanyaannya adalah, akan seberapa terkekangkah content creator? 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: