Rada2 malu juga untuk share ini (Soalnya aku sadar aku masih sering salah juga grammar, speaking belum natural dan vocabnya juga belom terlalu bervariasi), tapi terhubung banyak yang nanya mungkin aku bisa sharing semampuku.

Awalnya mungkin aku bakal cerita proses aku belajar bahasa inggris. Aku cerita dari a sampe z soalnya pengen nunjukin belajar basa inggris sebenernya sebuah proses. Jadi emang gak instant. Sebenernya mau belajar apapun itu gak mudah yah (IMO). I know that I am not a genius, jadi kalo mau belajar apapun emang butuh waktu.

Proses Belajar Bahasa Inggris

Aku mulai belajar bahasa inggris dari SD. Dari SD, aku emang maksain nonton kartun atau apa gtu pake bahasa inggris. Soalnya dimarahin abg2ku, kayak diremehin gtu kalo pake bahasa indo. Padahal gak ngerti juga filmnya ngomong apa, tp kayaknya dr situ aku terbiasa aja jadinya sama binggris. Istilahnya mungkin gak takut kalo gak ngerti.

Terus kebetulan pas smp aku masuk kelas bilingual. Di kelasku, kalo gak salah, bahasa inggris itu jadi fokus utama(Walopun guru2nya sbnrnya juga gak pande2 amat LOL). Nah kemampuanku basa inggris gak bagus bgt ampe nangis waktu gr2 gak bisa ngikutin pelajaran sekolah. Aku dlu tu pas SD sempet jadi anak daerah 3 tahun tinggal di lombok, dan sekolahnya pun di lombok bukan sekolah yg bagus, bener2 sekolah negeri yg sampingnya sawah terus kamar mandinya gak ada 😂  jd kayanya emg kemampuan dan wawasan agak terbelakang apalagi soal bahasa. Grammar gak bisa (bener2 zero), spelling hancur, vocab juga sering miskom, bahkan aku kira passport itu sama dengan password.

Yaudah kebetulan smp masuk bilingual, terus nangis2 gra2 gak bisa ngikutin pelajaran, ngerasa malu aja (Maklum ego rada tinggi LOL). Yaudah jadi dilesin sama ortu di TBI. Dan emang tbi ini bagus menurutku, walopun rada mahal (I am grateful my parents could pay the tuition and I know it’s a privilege) dan yg ngajar native. Aku ngerasa aku bener2  improve dari situ. Aku 2 tahun les dan dari les ini aku rasa yang memberikan fondasi yg cukup besar ke bahasa inggris aku sampai skrg.

As time went by, grammar lumayan bisa, vocab lumayan bisa, listening lumayan, nah tapi speakingku masih gak bagus. Bahkan sampe SMA biasa2 aja. 

Terus speaking kayaknya terbantu pas kuliah dan kerja, soalnya aku sering berhubungan sama warga negara lain. Aku sadar ternyata kalo masalah speaking yang penting pede aja dlu dan grammar jelek juga gapapa, soalnya yang lain juga kebanyakan gtu, yang penting satu sama lain ngerti aja dlu. Tar makin lama baru makin kita perbaikin. Aku sempet volunteer di Ukraina, dan partnerku waktu itu orang cina yang udah sekolah di singapore dr SMP. Disitu aku minta ke dia untuk nilai bahasa inggrisku gimana, dan apa yang harus aku perbaikin. Ini harus punya keberanian dan kelapangan hati untuk menerima kritik sih. 

Terus utk grammar dan vocab itu aku dr smp kelas 3 ampe skrg maksain untuk baca buku bahasa inggris. Itu kayaknya yg lumayan ngebantu juga. Awalnya emg buku yg gak terlalu berat, paling kayak cerita anak2 atau remaja gtu (Diary of a wimpy kid contohnya). Tp lama kelamaan dipaksain aja yg lebih susah bukunya, step by step.

Ada yang pernah nanya ke aku, “Apakah bahasa inggris bisa improve dengan nonton Youtube?”. Menurutku tetep bisa ke improve. Tapi kalo cuma nonton doang gak akan ngefek paling cuma listening aja bakal improve. Kalo aku sendiri aku gampang lupa, jadi harus butuh practice. 
Pertanyaan lainnya, “Kalo aku baca buku bahasa inggris, terus ada vocab yang aku gak ngerti. Masalah gak ya kalo aku tetep lanjutin baca tanpa cari artinya?”

Aku pribadi walopun gak ngerti vocabnya apaan tetep lanjut lol, yang penting paham inti generalnya apa, its not like i will present what i read to a class kan atau lecturer gtu. Tapi kalo penasaran banget artinya apa baru aku cari.  Aku gak tau ini salah atau engga, tapi kayaknya dengan cara gini pastinya gak akan dapet hasil yang maksimal. Ini casenya kalo aku baca buku model kertas gtu ya, kalo kindle (e-book reader) tinggal pencet vocabnya tar bisa muncul artinya apaan. 

Btw, aku punya temen orang ukraina, dia kebetulan jurusan literatur di ukraina sana. Dan bahasa inggrisnya bagus bgt, BANGET. Padahal dia korban perang (maksudku disini environment dia gak mendukung utk belajar bahasa inggris). Salah satu cara dia belajar adalah; kalau dia baca buku dia bakal cari vocab yang dia gak ngerti,  terus dia bakal baca lagi buku itu dari awal sampe akhir (Jadi dua kali baca gitu). Aku sendiri gak punya waktu untuk begini sis. 😓

Tips

[Tips 1]Gak usah terlalu mikirin salah atau bener gak cara belajar kita, soalnya cara belajar orang itu beda2. Tbh juga kasarnya yg belom2 bisa lancar inggris itu sbnrnya mereka juga baru sekali belajar langsung males. Jadi bukan cara belajar mereka yg salah emang kurang disiplin aja.

[Tips 2] Kadang aku juga sering denger orang bilang “Ah bisa belajar sendiri”. IMO, kayanya kalo emang bisa belajar sendiri (SELAMAT) ini berarti anda jenius, dan juga mungkin environment mendukung (misal banyak temen native, ortu jago inggris). Tapi kalo misalnya temen2 berpikir temen2 gak berada di environment tsb, akan sulit utk jd “expert” bahasa inggris. Kalo punya dana lebih, aku rekomendasikan les aj (dan lesnya pun kalo bisa yg tempat sekaligus bagus). Temen2 bisa belajar sendiri kalo goal temen2 ya cuma utk bisa jawab pilihan berganda.

Poin ini sangat aku rekomendasikan. Dari les aku bisa dapet banyak. Aku sadar dulu pas SD-SMA aku gak berada di lingkungan yg mendukung aku utk bisa bahasa inggris, aku bukan jenius, aku gak banyak temen yg native dan ortuku gak jago juga.

[Tips 3] Perbanyaklah bergaul dengan org2 yang temen2 pikir bahasa inggrisnya bagus atau wawasannya luas. Biasanya ini akan memotivasi kita utk belajar terus, belajar apa aja sih, termasuk bahasa inggris. Kalo emang di sekitar temen2 gak ad org2 kayak gini. Bisa kepo2in influencer yang jago bahasa inggris atau org yg udah kuliah di luar negeri dan aktif di social media.

[Tips 4] Last but not least, Be humble dan sabar dalam belajar 😬

[Tips 5] Kalo aktif ditwitter mungkin bisa paksakan untuk ngetweet binggris terus.

Untuk belajar apapun itu dan apalagi untuk menjadi expert dalam sesuatu pasti akan selalu susah, dan butuh usaha lebih. Jadi, semangat!!!!!

Coba cek pos aku tentang “Kenapa harus belajar (Bahasa Inggris)?”, mana tau bisa lebih memotivasi teman-teman untuk belajar ◡̈

4 Comments on “Pengalaman Belajar Bahasa Inggris

  1. Pingback: Kenapa Harus Belajar (Bahasa Inggris)? – RAISYA

  2. Pingback: Pengalaman Belajar Bahasa Inggris – Blogger Perempuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: